Cara Menyelesaikan Laporan Asuransi Mobil Dengan Cara Damai

Seperti namanya, laporan mobil “damai” adalah dokumen yang bertujuan untuk memfasilitasi penyelesaian klaim mobil secara damai. Ini tidak wajib dari sudut pandang hukum, tetapi sangat direkomendasikan oleh para profesional asuransi.

Memang, diselesaikan dengan benar, memungkinkan untuk dengan cepat menentukan tanggung jawab masing-masing dan menyelesaikan klaim lebih cepat, dan dengan demikian membayar kompensasi yang sesuai.

Oleh karena itu, pentingnya mengetahui bagaimana menyelesaikannya dengan benar: jika terjadi kesalahan atau kelalaian, tanggung jawab atas kecelakaan tersebut dapat salah dikaitkan dan mempengaruhi bonus-malus yang melekat pada kontrak asuransi mobil.

Setiap pihak yang terlibat (dua, tiga atau lebih) harus membuat laporan musyawarah. Dimungkinkan juga, dan bahkan disarankan, untuk membuat laporan damai jika terjadi kecelakaan tanpa pihak ketiga. Dokumen tersebut memungkinkan, pada kenyataannya, untuk menjelaskan secara tepat keadaan bencana menggunakan tanda silang untuk menandai, pengamatan untuk dimasukkan dan sketsa untuk menggambar.

Poin positif : sementara seseorang sering tenggelam di bawah satu ton dokumen, laporan yang bersahabat memungkinkan untuk mengelompokkan bersama dalam satu dokumen semua informasi yang berguna untuk perusahaan asuransinya dan pihak lawan. Asalkan semua pihak melengkapi dan menandatanganinya.

Di mana saya dapat menemukan laporan ?

Saat menandatangani kontrak asuransi mobil, perusahaan asuransi (biasanya) memberikan salinan laporan perdamaian kepada pelanggan. Namun, disarankan untuk menyimpan beberapa di kendaraan Anda: jika kecelakaan melibatkan lebih dari dua pihak, setiap pengendara harus melengkapi salinan dengan masing-masing pihak yang terlibat dalam kecelakaan. Penerbitan salinan bebas dari perusahaan asuransinya.

Memahami komposisi laporan bersama

Dalam dua kata: depan, belakang. Laporan damai terdiri dari dua sisi: bagian depan (laporan) harus diselesaikan oleh dua pengemudi di tempat kejadian. Ini merangkum keadaan klaim dan harus ditandatangani oleh kedua belah pihak, jika tidak, dokumen tidak akan valid.

Ini adalah bagian terpenting dari dokumen, yang harus dilengkapi dengan sangat hati-hati agar dapat dikompensasikan dengan benar. Bagian depan dibagi menjadi dua: kolom A dan B, yaitu Anda dan pengemudi lain (atau sebaliknya, ini tidak memiliki konsekuensi dalam penanganan klaim).

Bagian belakang (pernyataan klaim) menggantikan pernyataan individu tentang kecelakaan. Di atas segalanya, ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk selanjutnya mengelola klaim, sementara sisi depan memberikan ringkasan yang tepat tentang keadaan kecelakaan.

Kedua belah pihak harus dikirim ke perusahaan asuransinya. Jika salah satu dari kedua bagian tersebut dilupakan, maka berkas tersebut tidak akan lengkap dan karenanya tidak dapat diproses oleh pihak asuransi.

Bagian depan harus diselesaikan di lokasi kecelakaan karena semua pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan harus turun ke tugas. Namun, untuk menghemat waktu dan yang terpenting menghindari kesalahan, Anda dapat menyelesaikan bagian A dari dokumen – yang menjadi perhatian Anda – terlebih dahulu. Ini termasuk sebagai berikut:

Baca Selengkapnya  Tips Menjadi Pengusaha Sukses Yang Wajib Kamu Ketahui

informasi mengenai tertanggung : nama keluarga, nama depan, alamat, detail kontak, dll.
informasi yang berkaitan dengan kendaraan : merek, jenis, nomor registrasi, dll.
informasi tentang perusahaan asuransi: nama, nomor kontrak asuransi mobil, kartu hijau, tanggal berlakunya kontrak, dll.
informasi tentang pengemudi : nama keluarga, nama depan, nomor SIM, validitas, dll.

Sedangkan untuk bagian belakang, dapat diselesaikan secara individual di rumah karena melengkapi bagian depan. Harap dicatat bahwa dalam hal apa pun informasi di bagian belakang tidak boleh bertentangan dengan informasi di bagian depan.

Bagaimana cara melengkapi laporan damai?

Hal pertama yang perlu diketahui: setelah laporan ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat, laporan tersebut tidak dapat diubah. Dengan kata lain, lebih baik luangkan waktu Anda untuk mengisinya dengan benar. Selain itu, Anda harus menyelesaikannya bersama-sama di lokasi kecelakaan: pada kenyataannya, pengemudi lain dapat mencentang kotak tertentu tanpa Anda membagikan pendapatnya, dan sebaliknya.

Untuk memastikan bahwa laporan dapat dibaca, lebih baik memilih bolpoin hitam, sehingga tinta terlihat pada duplikat.

Isi bagian depan

Seperti yang ditunjukkan di atas, ini adalah bagian terpenting dari dokumen. Dan yang paling sulit untuk diselesaikan: memang, bukan tidak mungkin ada ketidaksepakatan dengan pihak lawan atau kesalahan atau kekhilafan menyelinap ke dalam dokumen. Untuk menghindari kekecewaan, berikut adalah cara untuk melengkapi bagian depan laporan perdamaian bagian demi bagian:

bagian 1: Anda harus memasukkan tanggal dan waktu kecelakaan
bagian 2: sewa harus ditunjukkan (negara dan tempat)
bagian 3: jika Anda atau pengemudi lain yang terlibat telah terluka, bahkan sedikit, Anda harus mencentang kotak “ya”
bagian 4: ini menunjukkan apakah kendaraan lain (selain yang terlibat langsung) atau benda-benda di jalan raya umum telah rusak. Tergantung pada
fungsinya, kotak “tidak” atau “ya” harus dicentang
bagian 5: sangat penting jika pengendara lain dengan tegas menolak untuk membuat laporan perdamaian. Ini adalah bagian “Saksi”. Tertanggung
harus menuliskan nama keluarga, nama depan dan rincian kontak saksi kerugian
Bagian 6,7,8,9: ini adalah empat bagian yang dapat diselesaikan di rumah hulu, yaitu informasi tentang tertanggung, pengemudi, penanggung dan kendaraan ( lihat di atas)
bagian 10, 11, 12, 13,14 : ini adalah bagian penting dari laporan bersama:

pada dasarnya dari persilangan inilah perusahaan asuransi menentukan tanggung jawab dalam kecelakaan tersebut. Mereka memungkinkan untuk menggambarkan secara rinci keadaan kecelakaan itu, secara konkret: kapan tabrakan antara kedua kendaraan itu terjadi dan bagaimana caranya. Kecuali bahwa tidak mudah untuk mengetahui kotak mana yang harus dicentang dan mana yang harus diserahkan kepada pengemudi lain.

Misalnya : Kotak n°8 dengan demikian menunjukkan “bertabrakan di belakang saat mengemudi di arah yang sama dan di jalur yang sama”. Tapi hati-hati, jika Anda yang ditabrak dari belakang, Anda tidak boleh mencentang kotak karena itu adalah kendaraan B – dengan kata lain pengemudi lain – yang “menabrak dari belakang sambil mengemudi dengan cara yang sama […] “.

Baca Selengkapnya  Cara Mengatasi Rem Mobil Blong Agar Tetap Selamat

Sangat sederhana, untuk memahami cara kerjanya, kalimat harus dibaca sebagai berikut: kendaraan A atau B + kata kerja = kendaraan inilah yang menjadi asal perbuatan dan bukan kendaraan lain yang mengalaminya. Anda juga dapat membaca dengan meletakkan “I” di depan kata kerja. Singkatnya, jika kendaraan A yang “menyalip”, terserah Anda untuk mencentang! Jika kendaraan B yang “berpindah jalur”, terserah dia untuk mencentang.

Jangan centang kotak jika tindakan telah selesai. Untuk mencentang kotak dan dengan demikian menentukan penyebab kecelakaan, tindakan masih harus dilakukan pada saat tumbukan.
Misalnya: Anda menyalip kendaraan dan kecelakaan terjadi 1 kilometer lebih jauh. Jangan centang kotak karena tindakan telah selesai pada saat kecelakaan.

Terakhir, Anda harus tahu bahwa jika Anda mencentang kotak tertentu, Anda akan bertanggung jawab 100% atas kecelakaan tersebut:

* Pengamatan: untuk dimasukkan dalam bagian 14 , mereka penting karena memungkinkan untuk melengkapi informasi yang diberikan melalui kotak yang dicentang di bagian 12 serta melalui gambar. Setiap klarifikasi yang tampaknya berguna untuk menyelesaikan klaim harus disebutkan di sini. Bagian ini juga merupakan kesempatan untuk menunjukkan ketidaksetujuan dengan pihak lawan. Rincian kontak dari setiap saksi kecelakaan juga diberikan di bagian ini.

* Gambar : tidak ada pilihan, Anda harus menggambar di bagian 13 ! Di sini sekali lagi, ketelitian dan ketelitian sangat dibutuhkan, sehingga pengemudi harus berusaha semaksimal mungkin untuk menggambarkan kecelakaan yang baru saja terjadi.

Sangat penting untuk melaporkan arah pergerakan kedua kendaraan, – dan karena itu menunjukkan sumbu median dengan garis putus-putus – tanda (rambu, lampu, dll.), rintangan, kendaraan lain yang ada (dalam sirkulasi atau parkir), titik kejut ( menaruh salib) serta setiap saksi kecelakaan.

Perlu juga untuk dapat membedakan kendaraan A dari B serta bagian depan dan belakang masing-masing.
Dengan sarana teknologi saat ini, juga dimungkinkan untuk melampirkan foto ke file yang dikirim ke perusahaan asuransi yang akan mendukung pembuatan laporan bersama.

* Titik awal tumbukan: dengan menggunakan panah, Anda harus menunjukkan titik awal tumbukan di bagian 10. Di bagian 11 kerusakan kendaraan yang terlihat akan dilaporkan. Dengan tidak adanya kerusakan yang terlihat, lebih baik untuk menulis kata-kata “Cadangan untuk kerusakan tersembunyi”.

bagian 15 : jangan lupa bagian penting ini untuk keabsahan laporan kecelakaan: tanda tangan kedua pengemudi yang terlibat. Peringatan: menandatangani halaman ini berarti mengakui fakta-fakta yang disebutkan di dalamnya.
BAIK UNTUK DIKETAHUI: jika Anda tersesat pada Hari-H, instruksi disediakan dengan laporan kecelakaan.

Kecelakaan dengan cedera tubuh

Yang penting, jika kecelakaan itu mengakibatkan cedera, laporan bersama tetap harus diselesaikan: itu akan ditambahkan ke laporan resmi yang dibuat oleh polisi atau gendarmerie. Sertifikat medis kemudian akan dilampirkan di samping dua dokumen pertama ke perusahaan asuransinya.

Isi bagian belakang

Seperti yang ditunjukkan di atas, bagian belakang (pernyataan klaim) menggantikan pernyataan individual dari kecelakaan. Di atas segalanya, ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk selanjutnya mengelola klaim. Itu datang untuk mendukung bagian depan tetapi tidak membantahnya.

Dengan demikian, tertanggung harus mengisi rincian pribadinya (nama keluarga, nama depan, profesi, dll.) di bagian 1 , kemudian tentang pengemudi kendaraan pada saat kecelakaan (yang mungkin berbeda dari tertanggung) di bagian 2 .

Baca Selengkapnya  ide Bisnis Rumahan Untung Besar dan Yang Menjajikan

Bagian 3 merangkum keadaan kecelakaan dan juga berisi bagian sketsa. Di bagian 4 , pengemudi harus menunjukkan apakah laporan polisi, laporan atau buku pegangan telah dibuat.

Bagian 5 menyangkut kendaraan : tempat garasi biasa, tempat perbaikan kendaraan yang rusak dan rincian kontak garasi yang bersangkutan dan informasi lain yang spesifik untuk situasi tertentu (halangan, pencurian, dll.).

Jika kecelakaan tersebut menyebabkan kerusakan material selain kendaraan yang terlibat langsung (A dan B), ini harus disebutkan dalam bagian 6 . Akhirnya, bagian 7 dicadangkan untuk kecelakaan yang melibatkan cedera tubuh: perlu untuk memasukkan secara khusus nama-nama yang terluka, perincian kontak mereka, perawatan yang diterima, dll.

Terakhir, jangan lupa untuk memberi tanggal dan kemudian menandatangani dokumen sebelum mengembalikannya ke perusahaan asuransi Anda.

Membuat Laporan Elektronik

Untuk menghemat waktu, perusahaan asuransi telah mengembangkan aplikasi resmi, auto e-constat. Ini memungkinkan Anda untuk mengisi laporan damai langsung di ponsel cerdas Anda dan untuk mendukung deskripsi kecelakaan dengan foto. Perusahaan asuransi dengan demikian diinformasikan segera, setelah formulir digital telah diisi.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di iPhone dan Android, melalui smartphone atau tablet. Sebuah laporan elektronik memiliki nilai hukum yang sama persis dengan laporan bersama dalam versi kertas.

Di sisi lain, e-constat hanya dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu. Anda harus berada dalam salah satu situasi berikut untuk menggunakan alat digital ini:

kecelakaan itu pasti terjadi di wilayah Indonesia
kecelakaan itu harus menyangkut kendaraan yang terdaftar dan diasuransikan di Indonesia
insiden harus melibatkan hanya satu atau dua kendaraan (tidak lebih dari dua)
kecelakaan itu pasti hanya menyebabkan kecelakaan material (tidak ada cedera tubuh, oleh karena itu tidak ada cedera)

Pembuatan laporan perdamaian melalui e-report mengikuti aturan yang sama seperti laporan kertas: informasi yang harus dilengkapi identik. Tanda tangan, di sisi lain, dilakukan secara elektronik. Sertifikat deposito kemudian dikirim melalui SMS dan email ke tertanggung.

Seberapa cepat Anda harus mengirimkan laporan kecelakaan

Seperti kebanyakan klaim di Perancis, tertanggung memiliki waktu 5 hari kerja setelah kecelakaan untuk mengirimkan laporan kecelakaan (depan dan belakang) ke perusahaan asuransinya. Lebih baik memilih pengiriman dengan pengakuan tanda terima untuk memastikan bahwa suratnya tiba dengan selamat. Untuk e-statement seperti tersebut di atas, pengirimannya dilakukan secara simultan.

Apa jalan jika pengemudi lain menolak untuk menyelesaikannya?

Pertama, tetap melengkapi laporan bersama: ini tetap akan mempercepat proses klaim oleh pihak asuransi Anda. Kemudian perlu mendaftar di bagian komentar (n°14) bahwa pengemudi kedua yang terlibat menolak untuk melengkapi laporan atau bahwa dia tidak mau menandatanganinya serta semua data yang dikumpulkan di tempat tentang dia: nomor plat pendaftaran, dan informasi berguna lainnya seperti testimonial.

Jika terjadi tabrak lari, hubungi polisi dan lakukan refleks yang sama: tunjukkan tabrak lari di bagian 14 dan catat nomor plat kendaraan.